Amankan Android mu

Beberapa Cara Mengamankan Androidmu

Source : PC PLUS edisi XII 2012

Perkembangan Android akhir-akhir ini begitu pesat, penggunanya pun tak sedikit mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Seiring perkembangannya bermunculan juga ancaman-ancaman yang dapat membuat kinerja smartphone  mulai menurun. Untuk itu perlu penangan yang lebih dini.

 

  • Aktifkan Lock screen

Aku bisa mengaktifkan lock screen agar orang-orang tidak sembarangan mengintip ‘isi’ di dalamnya. Untuk lebih baiknya aktifkan pula mode screen timeout  yang terproteksi password.

  • Lakukan Update secara rutin

Lakukan secara rutin pada sistem maupun aplikasi keamanan yang ada. Beberapa aplikasi patch dapat mengurangi risiko akan ancaman keamanan dan membuat sistem lebih optimal.

  •  Teliti Aplikasi yang akan diunduh

Begitu banyaknya aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk android baik itu gratis maupun berbayar dan sangat begitu mengiurkan penggunanya.Namun, tak semua dari aplikasi tersebut bersih dari malware , virus atau trojan. Jika ingin mendownload suatu apalikasi lihat review-nya terlebih dahulu, selidiki pihak pembuatnya dan memastikan bahwa aplikasi itu aman

  • Instal Apllikasi Keamanan.

Instal aplikasi keamanan diandroidmu seperti antivirus agar sistem lebih aman dan kebal dari hal-hal yang tidak diinginkan

  • Usahakan tidak melakukan root

Meski cukup menggoda karena kamu bisa mendapatkan akses penuh setelah melakukannya, melakukan root pada android berisiko pada masuknya aplikasi malware seperti virus atau trojan.

  • Jangan Abaikan Back-Up

Jangan abaikan Back-up. Backup dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan data disaat-saat yang tidak terduga. Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa didapat melalui andorid market.

Leave a comment