Jenis Komunikasi Visual (2)

Yang menjadi masalah sekarang ini adalah pemerataan penggunaan peralatan telekomunikasi. Sebagai contoh, masih banyak kantor pemerintah yang tidak memiliki telepon. Padahal kalau dilihat dari kompleksnya kegiatan, kantor pemerintah seharusnya sudah memilikinya. Tidak meratanya penggunaan alat telekomunikasi tersebut pada dasarnya disebabkan kurangnya anggaran.Jadi hal itu dapat diatasi apabila anggaran tersedia secukupnya.
2) Penguasaan teknik dan metode berkomunikasi yang tidak sesuai.

Beberapa teknik komunikasi diantaranya :

a) Teknik Kepercayaan (credibility technique) antara komu¬nikator dengan komunikan harus saling mempercayai.

b) Teknik perhubungan (context technique), informasi yang disampaikan harus saling berhubungan dengan informasi yang akan disampaikan.

c) Teknik kejelasan (clarity techique), informasi yang disampai¬kan harus jelas.

d) Teknik kesinambungan dan konsistensi (continuity and consitency technique), komunikasi dilakukan secara terus-menerus dan diusahakan agar informasi yang baru tidak bertentangan dengan informasi terdahulu.

e) Teknik persesuaian (concord technque), pengiriman berita harus disesuaikan dengan kemampuan dan pengetahuan pihak penerima berita. Sebaiknya mempergunakan istilah-istilah yang mudah dimengerti oleh pihak penerima berita.

f) Teknik penggunaan saluran yang tepat (channels of distribution technique), penyampaian informasi hendaknya dipakai saluran-saluran komunikasi yang sudah biasa di¬pergunakan dan sudah dikenal oleh para pegawai. Saluran komunikasi yang dipergunakan hendaknya juga disesuaikan dengan jenis dan sifat informasi yang akan disampaikan. Informasi yang sangat penting dan bersifat rahasia lebih tepat apabila disampaikan secara lisan (melalui telepon, atau melalui tatap muka).

sumber :

Wursanto, Ignatius, 2003, Dasar-Dasar Ilmu Organisasi, Yogyakarta. Penerbit: Andi

Leave a comment