ANTAR MUKA TELEMATIKA

ANTAR MUKA TELEMATIKA

Antar muka adalah sebuah konsep yang menghubungkan antara user dan sistem, sehingga keduanya dapat berkomunikasi. Dengan adanya konsep antar muka, maka seorang user dapat memberikan perintah untuk penugasan dalam sebuah sistem atau mendapatkan informasi yang diperlukan. Antar muka memungkin sistem untuk mengarahkan seorang user mendapatkan informasi yang diinginkan oleh user , memberikan panduan atau petunjuk step by step dalam pengoperasian sistem. Antar muka memungkin seorang user memberikan tugas kepada sistem dengan cara memberikan perintah berupa barisan kode.

User Interface atau antar muka dalam berkomunikasi terdiri dari dua jenis yaitu

Command Line interface

Command Line Interface mewajibkan seorang user harus mengingat list dari perintah-perintah yang diinputkan kedalam sistem sehingga sistem dapat beroperasi. Kode perintah diketikkan didalam terminal.

source : wikipedia.com

source : wikipedia.com

Graphic User Interface.

Graphic User Interface (GUI) bertolak belakang dengan CLI. GUI memberikan kemudahan kepada user tanpa harus mengingat barisan kode perintah. GUI memberikan fasilitas icon, mouse pointer, menu. Sehingga user lebih banyak melakukan aktivitas klik untuk mencari informasi atau mengoperasikan sistem.

Windows_launch_OpenVPN_gui

FEATURE OF TELEMATICS / FITUR ANTAR MUKA

8 Karakteristik Antar Muka (GUI) yang sukses

1.Clear / Jelas,Design GUI harus jelas dan teratur sehingga user dapat menggunakan dengan mudah. Sebuah desain yang rumit akan membuat seorang user kesusahan.

2.Concise / Ringkas,GUI yang sukses harus singkat dan tidak bertele-tele.

3.Familiar,Design interaktif memungkin user dapat dengan mudah mengerti fungsi dan tata cara penggunaan.

4.Responsive,GUI harus cepat dalam merespon perintah yang diberikan

5.Consistency / Konsisten,Konsisten dalam pengoperasian

6.Attractive / menarik,Menarik dalam design baik icon maupun menu sehingga user mudah untuk mengingat.

7.Efficiency,Effisien dalam penyedian menu

8.Forgiving,Memungkinkan adanya fitur yang dapat melakukan back-up atau pembatalan jika user melakukan kesalahan.

TEKNOLOGI ANTAR MUKA /  USER INTERFACE TECHNOLOGY

Heads Up Display (HUD)

Tampilan yang transparan dimana dia menampilkan data tanpa mengharuskan si user untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.

HUDWAY-head-up-display-digitaltrendsTangible User Interface

Sebuah interface yang memungkin seseorang untuk berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Tujuan dari TUI adalah mengembangkan pemberdayaan dari kolaborasi, pembelajaran dan design dengan memberikan sentuhan fisik ke infromasi digital, sehingga TUI memberikan keuntungan terhadap kemampuan manusia (pegang) dan memanipulasi benda fisik dan materi

tangible media group- clubflyermagComputer Vision.

Computer vision merupakan sebuah metode untuk memperoleh, memproses, analisis, dan mengerti pengolahan pencitraan. Secara garis besar Computer Vision dapat dikatakan sebagai data dimensi tinggi dari dunia nyata dikonversi ke dalam informasi numeric atau simbolik. Computer Vision dipakai dalam pembuatan AI untuk robotika atau AR (Augmented Reality).

Browsing data Audio.

Browsing data audio adalah sebuah aktivitas didalam dunia maya atau lebih dikenal sebagai surfing internet (berselancar diinternet). Browsing data audio berhubungan dengan suara dapat dilakukan dengan web browser chrome, opera, Mozilla, IE dan lain-lain. Jaringan video / audio sistem browsing penemuan yang sekarang digunakan untuk browsing video / audio data yang ditembak oleh sebuah IP kamera. Sistem penjelajahan termasuk DDNS (Dynamic Domain Name Server), sebuah IP kamera disimpan dengan kode identifikasi, sebuah layanan server, sebuah komputer lokal dan setidaknya satu client. Masing-masing item sebelumnya terhubung ke Internet.

Speech Recognition.

Dalam ilmu engineering Sebuah konsep rancangan yang memungkin sebuah sistem komputer mengerti dan menangkap suara user dan mentranslasikan gelombang suara yang ditangkap kedalam teks.

speechSpeech Synthesize

Sebuah computer-generated simulation Hal ini digunakan untuk menerjemahkan informasi tertulis dalam aural Hal ini digunakan untuk menerjemahkan informasi tertulis menjadi informasi aural mana akan lebih mudah, terutama untuk aplikasi mobile seperti e-mail suara diaktifkan dan pesan terpadu. Hal ini juga digunakan untuk membantu visi-gangguan sehingga, misalnya, isi dari tampilan layar dapat secara otomatis membaca keras-keras ke user.where buta akan lebih mudah, terutama untuk aplikasi mobile seperti e-mail voice-enabled dan pesan terpadu. Hal ini juga digunakan untuk membantu visi-gangguan sehingga, misalnya, isi dari tampilan layar dapat secara otomatis membaca keras-keras ke pengguna buta.

source:

Fadeyev,Dmitry.”8 characteristics of successful user interface. 19 April 2009.http:// usabilitypost.com/2009/04/15/8-characteristics-of-successful-user- interfaces/. Akses 15 Desember 2014.

Wikipedia. “Head Up Display”. 12 Desember 2014. http://en. wikipedia.org/wiki/Head-up_display. Akses 15 Desember 2014.

Wikipedia. “Tangible User Interface”. 10 Desember 2014. http://en.wikipedia.org/wiki/Tangible_user_interface. Akses 15 Desember 2014.

Wikipedia.”Computer Vision”. 8 Desember 2014. http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_vision. Akses 15 Desember 2014.

Rouse, Margaret. “Speech Synthesis”. Semptember 2005. http://whatis. techtarget.com/definition/speech- synthesis.Akses 15 Desember 2014.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s