Manajemen Data Telematika

MANAJEMEN DATA DALAM TELEMATIKA

source : hotelogix.com

source : hotelogix.com

Manajemen Telematika.

Manajemen Data adalah pengembangan dan penerapan arsitektur, kebijakan, praktik, dan prosedur yang secara benar menangani siklus hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Dalam manajemen telematika memastikan bahwa data:

  • Data Akurat
  • Up to Date (Mutakhir)
  • Aman
  • Tersedia bagi pemakai (user)

Kegiatan Manajemen data.

1.Pengumpulan Data
Data yang diperlukan dikumpulkan dan dicatat dalam suatu formulir yang disebut dokumen sumber yang berfungsi sebagai input bagi system.

2.Integritas dan Pengujian
Data tersebut diperiksa untuk meyakinkan konsistensi dan akurasinya berdasarkan suatu peraturan dan kendala yang telah ditentukan sebelumnya.

3.Penyimpanan
Data disimpan pada suatu medium, seperti pita magnetic atau piringan magnetic.

4.Pemeliharaan
Data baru ditambahkan, data yang ada diubah, dan data yang tidak lagi diperlukan dihapus agar sumberdaya data (berkas) tetap mutakhir.

5.Keamanan
Data dijaga untuk mencegah penghancuran, kerusakan atau penyalahgunaan.

6.Organisasi.
Data disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai.

7.Pengambilan
Data tersedia bagi pemakai.
Didalam manajemen data telematika ini, di bagi-bagi menjadi 3,kategori yaitu :

Manajemen Data Sisi Client.

Client adalah sisi yang meminta layanan kepada server. Client dapat hanya terdiri dari satu PC atau gabungan dari beberapa PC yang membentuk sebuah workstation.

Manajemen Data Sisi Server.

Server adalah sisi yang memberikan layanan yang merupakan permintaan dari client. Dalam memberikan layanan dapat terdiri satu server yang memberikan layanan kepada satu client, satu server memberikan layanan kepada banyak client, atau satu client meminta layanan dari banyak server.

Manajemen DataBase System

Gabungan kombinasi dari manajemen database dari sisi client dan sisi server.Program komputer yang menyediakan layanan dbase ke pada program komputer, lebih dikenal sebagai client-server model. Manajemen sistem database seringkali menyediakan dbase server secara fungsional dan beberana DBMSs (MySQL) mengandalkan secara eksklusif pada model client-server untuk mengakses database. Server tersebut diakses baik melalui “front end” yang berjalan di komputer pengguna yang menampilkan data yang diminta atau “back end” yang berjalan pada server dan menangani tugas-tugas seperti analisis data dan penyimpanan.

source : infohola.com

source : infohola.com

PERMASALAHAN DAN ISU-ISU YANG MUNCUL?

Masalah Keamanan (Security)

Adanya pencurian data oleh pihak-pihak yang tidak memiliki hak otoritas dan penyerangan dengan menggunakan metode-metode illegal yaitu hacking, cracking, spoofing dan lainnya. Serta serangan dari malware yang sengaja ditujukan pada software, hardware, maupu database.

Deadlock

Munculnya permasalahan deadlock akibat lalu lintas data yang padat tanpa adanya penambahan resource untuk kelancaran transmisi data.

Infrastruktur jaringan yang buruk

Infrastruktur jaringan yang buruk menjadi kendala untuk transmisi data, telematika membuatkan pertukaran data melalui jaringan.

Traffic Congestion.

Hal ini disebabkan oleh kelebihan atau banyaknya client yang meminta server untuk melakukan layanan. Sehingga server tidak mampu untuk melayani semua permintaan.

Server Down

Server mengalami gangguan baik yang  berasal dari sistem internal dbase maupun gangguan jaringan.

MANFAAT MANAJEMEN DATA.

Fast Time Solution.
Dengan adanya manajamen data maka aliran data semakin lancar. Maka transaksi akan semakin cepat dan mudah dilakukan.

Menghindari terjadinya deadlock.Deadlock tidak akan terjadi jika aktivitas preventif penyebab deadlock diimplementasikan

Menghindari Redundancy Database /Kerangkapan database
Database yang diatur dapat mengatasi masalah kerangkapan data sehingga proses transaksi dapat berjalan lancar menjalankan satu proses bukan double proses.

 

Source :

Wikipedia.”Database – server”.8 November 2014 .http:// en. wikipedia.org/ wiki/ Database_server. Akses 16 Desember 2014.

Rackpace.http://www.rackspace.com/managed_hosting/services/database/. Akses 16 Desemberi 2014

Leave a comment