Manusia dan Kebudayaan

Manusia dan Kebudayaan

Manusia

Manusia dibangun oleh dua unsur utama yaitu jasmani dan rohani. Unsur jasmani adalah unsur-unsur yang berkaitan dengan keadaan fisik manusia,fungsi fisiologi manusia, dan metabolisme manusia. Unsur jasmani sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia misalnya makan,minum,tidur,bergerak dan lainnya. Unsur jasmani dilengkapi oleh unsur rohani,unsur ini berkaitan dengan semua hal yang berhubungan dengan kebutuhan rohani, atau hati manusia. seperti agama atau keyakinan, ketenangan hati, rasa aman, rasa bahagia dan lain-lain.

Unsur-Unsur pembangun lainnya adalah;

  1.  Jasad : badan kasar manusia yang nampak pada luarnya, dapat diraba dan dilihat dan menempati ruang dan waktu.
  2. Hayat : mengandung unsur hidup, yang ditandai dengan gerak.
  3. Ruh : bimbingan dan pimpinan Tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan.
  4. Nafs : diri atau keakuan, yaitu kesadaran tentang diri sendiri

Manusia adalah mahluk paling sempurna yang pernah diciptakan oleh Allah SWT. Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah dimuka bumi ini.

Menurut psikologi pendidikan hakekat manusia didunia adalah sebagai berikut;

  1. Makhluk yang memiliki tenga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.
  2. Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.
  3. Mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
  4. Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.
  5. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati
  6. Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudanya merupakan ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas
  7. Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.
  8. Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan turutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.

Walaupun manusia berasal dari materi alam dan dari kehidupan yang terdapat di dalamnya, tetapi manusia berbeda dengan makhluk lainnya dengan perbedaan yang sangat besar karena adanya karunia Allah yang diberikan kepadanya yaitu akal dan pemahaman. Itulah sebab dari adanya penundukkan semua yang ada di alam ini untuk manusia, sebagai rahmat dan karunia dari Allah SWT. {“Allah telah menundukkan bagi kalian apa-apa yang ada di langit dan di bumi semuanya.”}(Q. S. Al-Jatsiyah: 13). {“Allah telah menundukkan bagi kalian matahari dan bulan yang terus menerus beredar. Dia juga telah menundukkan bagi kalian malam dan siang.”}(Q. S. Ibrahim: 33). {“Allah telah menundukkan bahtera bagi kalian agar dapat berlayar di lautan atas kehendak-Nya.”}(Q. S. Ibrahim: 32), dan ayat lainnya yang menjelaskan apa yang telah Allah karuniakan kepada manusia berupa nikmat akal dan pemahaman serta derivat (turunan) dari apa-apa yang telah Allah tundukkan bagi manusia itu sehingga mereka dapat memanfaatkannya sesuai dengan keinginan mereka, dengan berbagai cara yang mampu mereka lakukan. Kedudukan akal dalam Islam adalah merupakan suatu kelebihan yang diberikan Allah kepada manusia dibanding dengan makhluk-makhluk-Nya yang lain. Dengannya, manusia dapat membuat hal-hal yang dapat mempermudah urusan mereka di dunia. Namun, segala yang dimiliki manusia tentu ada keterbatasan-keterbatasan sehingga ada pagar-pagar yang tidak boleh dilewati.

Seiring berjalannya zaman, hakekat manusia sudah mulai terlupakan. Seolah zaman telah menenggelam rasa-rasa perikemanusiaan sehingga semakin menuju keakhir zaman banyak manusia yang sudah melupakan hakekatnya sebagai manusia.

Banyak kasus-kasus yang tidak berprikemanusiaan contoh nyata seorang ibu yang tega mengugur kandungan bayinya atau membunuh bayinya dimasukan kedalam kantong plastik,kaleng kue, dan sebagainya. Contoh Kasus yang sangat memprihatinkan adalah kasus sup bayi yang terjadi di Korea. Sungguh sesuatu yang sangat memprihatikan bayi yang masih berbentuk janin digugurkan kemudian dijadikan sup untuk dimakan. Nauzubillah Minzalik.

Kebudayaan

Menurut The American Herritage Dictionary mengartikan kebudayaan adalah sebagai suatu keseluruhan dari pola perilaku yang dikirimkan melalui kehidupan sosial, seniagama, kelembagaan, dan semua hasil kerja dan pemikiran manusia dari suatu kelompok manusia.

Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:

  1. Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
    • alat-alat teknologi
    • sistem ekonomi
    • keluarga
    • kekuasaan politik
  2. Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
    • sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
    • organisasi ekonomi
    • alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
    • organisasi kekuatan (politik

Sedangkan menurut wujudnya menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak.

Gagasan (Wujud ideal)

Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat.

Aktivitas (tindakan)

Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial.

Artefak (karya)

Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain.

Mengingat bahwa sebuah kebudayaan itu diciptakan,dibentuk,dan dialami oleh manusia sendiri. Tak sedikit bahwa kebudayaan yang dibentuk terbentur dengan perkembangan zaman.Dizaman yang semakin modern mengakibatkan kebudayaan yang diwariskan oleh pendahuluan mengalami kesulitan untuk mengikuti perkembang yang semakin maju dan modern. Hal yang signifikan terlihat dari pergeseran nilai-nilai budaya itu sendiri.

Perubahan-perubahan ini mencakup semua bagian yaitu : kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi dan filsafat bahkan perubahan dalam bentuk juga aturan-aturan organisasi social. Perubahan kebudayaan akan berjalan terus-menerus tergantung dari dinamika masyarakatnya . Misalnya saja dalam bidang teknologi pertanian. Dizaman yang serba modern dimana kebutuhan harus cepat terpenuhi banyak dikembangan teknologi kultur jaringan maupun hidroponik.

Faktor pendorong lainnya adalah  adanya unsur-unsur kebudayaan yang memiliki potensi mudah berubah, terutama unsur-unsur teknologi dan ekonomi ( kebudayaan material).
Adanya individu-individu yang mudah menerima unsur-unsur perubahan kebudayaan, terutama generasi muda.

Generasi muda adalah generasi penerus. Namun, akhir-akhir banyak dijumpai generasi muda yang tidak paham akan budayanya sendiri sebaliknya mereka lebih tertarik dengan budaya-budaya luar yang masuk tanpa adanya filter terlebih dahulu. Hal semacam inilah yang menimbulkan benturan kebudayaan. Contoh kasus adalah anak pank di Aceh, Aceh dikenal dengan julukan serambi mekkah karena merupakan wilayah pertama yang memeluk islam. Sebagai tempat bernuansa islam dahulu aceh tidak mengenal budaya pank yang notabene berasal dari barat. Ini menunjukkan bahwa generasi muda yang ada diaceh telah terpengaruh aliran  barat dengan mengikuti budaya ini


source

http://id.wikipedia.org/wiki/Kebudayaan

http://pakguruonline.pendidikan.net/buku_tua_pakguru_dasar_kpdd_12.html

http://elearning.unesa.ac.id/tag/hakikat-manusia-menurut-para-ahli

Advertisements

One comment on “Manusia dan Kebudayaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s