Jenis Komunikasi Visual

Komunikasi formal dapat berlangsung dari atas ke bawah, dari bawah ke atas dan secara horisontal. Dengan demikian saluran media komunikasi formal dapat mempergunakan semua media yang dipergunakan oleh komu¬nikasi ke atas, ke bawah dan horisontal.

• KOMUNIKASI INFORMAL
Komunikasi informal adalah komunikasi tidak resmi yang terjadi dalam suatu orga¬nisasi tetapi tidak direncanakan dan tidak ditentukan dalam struktur organisasi.

Komunikasi informal dilakukan oleh anggota organisasi atas kehendak sendiri. Komunikasi ini dapat dilakukan oleh para pejabat, para bawahan, dan para pegawai dengan menyimpang dari struktur organisasi formal. Komunikasi informal disebut juga the grapevine.
Hambatan Komunikasi dalam Organisasi

Komunikasi sering menghadapi berbagai macam hambatan. Hambatan komu-nikasi dalam organisasi dapat dibagi menjadi tiga, yaitu :

1. HAMBATAN YANG BERSIFAT TEKNIS
Hambatan yang bersifat teknis adalah hambatan yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:

1) Kurangnya sarana dan peranan yang diperlukan dalam proses komu¬nikasi.

Keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi di masa lalu merupakan penyebab utama timbulnya hambatan komunikasi.Akan tetapi dewasa ini, dengan kemajuan teknologi telekomunikasi yang ditandai dengan semakin sempurnanya alat-alat telekomunikasi (telex, radio, tephone, televisi, facsimile, komputer elektronik dan lain sebagainya) maka segala macam informasi dapat disampaikan dengan cepat.Dengan semakin sempurnanya alat telekomunikasi tersebut maka hambatan yang disebabkan oleh sarana dan prasarana telah dapat diatasi.

sumber :

Wursanto, Ignatius, 2003, Dasar-Dasar Ilmu Organisasi, Yogyakarta. Penerbit: Andi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s