Mengintip Kecanggihan Teknologi Telematika Pada Mobil Mewah

Mengintip Kecanggihan Teknologi Telematika Pada Mobil Mewah

by : Rozaliyana

Corvette Stingrayca

Chevrolet Corvette Stingray credit http://www.gtplanet.net

Chevrolet Corvette Stingray

"Cosworth Toolbox" software

Produsen mobil ternama di Amerika yang menjadi icon mobil sport diseluruh dunia Chevrolet Corvette pada tahun 2014 meluncurkan  mobil besutannya yaitu Chevrolet Corvette Stingray yang merupakan desain ulang dengan bodi yang lebih seksi dan elegan.  Mobil yang berteknologi  dilengkapi dengan GPS yang canggih .

Mobil ini dilengkapi dengan kamera GoPro yang memiliki tampilan layar seperti video game balapan. Termasuk 720p video camera yang memungkin untuk merekam data telematri mobil kedalam video.  Telemetry recorder melacak lokasi lima kali perdetik dari GPS penerima Covertte , kecepatan, akselerasi (percepatan), rpm, gigi, lateral force dan sudut pengemudi dari CAN bus mobil (area jaringan pengontrol). Pengemudi  bisa memilih berapa banyak informasi yang akan dipilih dan dibebani  : track mode, sport, none (touring), atau acceleration(performance mode).

Pengemudi yang gila balapan dengan mobil mewah ini bisa mendownload track data dan menganalisa data ini melalui tool yang disebut Cosworth Toolbox. Menggunakan Bing Satellite maps, data dapat dipaparkan kedalam mode “bird’s eyes view map”  dari beberapa jalur balapan. Pengemudi juga bias membandingkan lap vs lap atau perbandingan kecepatan.

Mercedes-Bens S-Class

2

Tidak mau ketinggalan dengan pesaing lainnya Mercedes mengeluarkan mobil baru yang terinspirasi dari rancangan sebelumnya dan tentunya dengan performa, elegan dan tawaran kemewahan yang lebih baik. Tahun 2014 Mercedes mengeluarkan Mercedes-Benz  S-Class , sedan S550.

Mercedes-Bens S-Class dilengkapi dengan aplikasi mbrace. Sederhananya aplikasi ini dikenal sebagai “Mercedes-In-Your Palm” memungkin anda untuk memonitor mobil ada dari mana pun.  Pada website resmi mbusa.com Mercedes-Benz mbrace® memaparkan

Mercedes-Benz mbrace can make any trip easier, more productive and more enjoyable. It brings the Internet to your dashboard. Connects you to your car from your smartphone or computer. And brings you a world of convenience and security”.

D_mbraceHero_01

Sistem ini mempunyai fitur emergency help ketika terjadi kecelakaan, memungkin anda untuk menemukan daerah tujuan dari PC dan mengunggahnya kedalam system navigasi mobil. Dari Google Maps™, The Search & Send™ memberikan fitur untuk mengirim alamat atau jalur yang lebih pasti. Fitur ini juga memudahkan anda untuk menemukan dealer terdekat saat berpergian.

Jaguar F-Type

jaguarp

Mobil sport lainnya yang tak kalah pada tahun 2014 yang lalu adalah Jaguar F-Type. Mobil besutan Jaguars Car ini dirancangan ulang dari C-X16 concept dirancangn dengan kemewahan desain, ringan dan convertible serta kinerja yang lebih baik.

Dalam situs jaguar.com dipaparkan Jaguars Car menawarkan Fitur dan Opsi untuk Driving Dynamics “INCONTROL”. InControl remote menawarkan fitur kepada anda untuk memonitor F-Type anda melalui smartphone untuk mengecheck bahan bakar, mengontrol suhu mobil , lock atau unlock. InControl Secure mendeteksi dan memberikan alarm kepada anda jika terjadi gerakan tak terotorisasi dari kendaraan. InControl Apps menghubungkan Touch Screen Smartphone  anda untuk mengakses kontak, peta dan calendar bahkan Parkopedia dan Hotelseeker.

jaguarincontrol

Lamborghini Huracan

lamborghinihrProdusen mobil asal italia mengeluarkan mobil sport mewah andalannya yakni Lamborghini Huracan mobil ini diproduksi 2014- sekarang.  Mobil mewah ini memiliki kecepatan diatas 325 km/h(202 mph) dapat dipercepat dari 0 ke 100 km/ (62mph) dalam waktu 3.2 detik.

Kerjasama dengan HARMAN dalam rangka meningkatkan sistem hiburan pada mobil ini menawarkan fitur 3D navigation system bersamaan dengan konektivitas canggih.  Lamborghini LP 610 untuk kepolisian Italia dilengkapi dengan pengenal nomor plat otomatis dan software pelacak dengan kemampuan untuk mengirim real-time image ke stasiun untuk mengecek apakah kendaraan tersebut dicuri.

Lamborghini Huracan memiliki tiga mode tampilan. Full Driive Mode fitu untuk memilih technometer atau speedometer sebagai tampilan utama memberikan informasi mengenai bahan bakar, suhu bahkan audio system. Mixed Mode (Above) Gabungan navigasi dan informasi hiburan.Full infotainment Mode mode ini menampilkan informasi hiburan sebagai tampilan utama.

display

BMW i8

bmiThe slogan “The Most Progressive Sport Car” BMW siap untuk revolusi kelas mobil mewah. Sebagai mobil sport pertama dengan konsumsi dan emission values  sebagai compact car. Mobil sport pertama yang menggunakan percepatan the zeitgeist. BMW memiliki kemampuan sinkronisasi sempurna dari motor elektris dan mesin pembakaran.

BMW i8 memiliki system iDrive The Ultimate Guide. Intinya, iDrive adalah classic, melakukan semuanya pada system hiburan mobil (car infotainment system). Sebuah proprietary platform engineered dan termasuk didalamnya fitur tradisional seiring dengan inovatif lanjutan.  iDrive sepenuhnya mendukung voice control . Sistem navigasi mendukung 2D mode dan 3D mode. 3D mode menampilkan model bangunan utama dan landmark yang sangat detail. Namun hal ini kadang menganggu penglihatan pengguna.

maxresdefault

Source :

[1] Bishop, Jordan . 2014. Lamborghini Huracan Polizia Give to Italian police. “http://www.autoexpress.co.uk/lamborghini/huracan/87169/lamborghini-huracan-polizia-given-to-italian-police “.Akses 05 Januari 2015.

[2] Hall, Alan. Lamborghini Huracan Blends Supercar Brawn with a Supercomputer Brain.” http://blogs.nvidia.com/blog/2014/05/09/lamborghini-huracan/”. Akses 05 Januari 2015.

[3] Howard,Bill. 2014 . CES: 2014 Chevy Corvette can be equipped with racing camera, output game-like video footage.”http://www.extremetech.com/extreme/174103-chevrolet-builds-video-camera-and-performance-recorder-into-corvette”. Akses 05 Januari 2014.

[4] Laird, Jeremy. 2012. BMW iDrive : The Ultimate guide. http://www.techradar.com/news/car-tech/bmw-idrive-the-ultimate-guide-1085113. Akses 05 Januari 2015.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s