Kepemimpinan

KEPEMIMPINAN

George R. Terry (yang dikutip dari Sutarto, 1998 : 17)
Kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Pemimpin adalah mereka yang tidak hanya bisa mempengaruhi bawahannnya,tetapi juga mereka yang bisa memberikan perlindungan kepada bawahannya.Tampil sebagai pemimpin berarti memiliki tanggung jawab yang besar.

Pemimpin pemimpin besar seperti Nabi Muhammad SAW,selalu tampil dibarisan terdepan.Memberikan semangat yang luar biasa kepada pengikutnya.Ingatlah takala umat muslim berperang melawan kaum Quraisy dalam perang Badar.Walaupun jumlah saat itu 1:1000,tapi berkat semangat dengan keyakinan yang luar biasa umat muslim bisa mengalahkan pasukan Quraisy.

The Founder Father Indonesia, Ir Soekarno mampu mengantarkan Indonesia kedepan pintu Gerbang Kemerdekaan Indonesia karena memiliki semangat kepemimpinan yang luar biasa. Semangatnya untuk memerdekakan Indonesia luar biasa.Beliau tidak lahir dari keluarga besar atau konglomerat,beliau dilahirkan dari keluarga yang bersahaja.Namun, beliau mampu menjadi pemimpin besar karena jiwa kepemimpinan telah tertanam didalam dirinya.Menjadi pemimpin tak harus berasal dari keluarga raja atau menteri.

Menjadi seorang pemimpin itu Adil. Sebagai pemimpin, menegakkan keadilan adalah hal yang terpenting, pemimpin harus bisa menyelesaikan sebuah permasalahan dengan seadil-adilnya bukan berlandaskan pada keinginan sendiri atau berpihak kepada satu pihak saja.Kebijakan yang diambil harus bisa memberikan efek yang sama rata baik.

Melihat polemik politik Indonesia saat ini.Terutama rangkap jabatan yang disandang oleh presiden SBY,merangkap sebagai presiden dan Ketua Umum Demokrat.Dua hal yang penting.Dan hendaknya sebagai presiden SBY harus adil seadil-nya bertindak profesional sebagai presiden.Belum lagi saat anggota eksekutif mendaftar sebagai anggota legislatif bisa dibilang mereka mengawasi diri mereka sendiri.Berkerja sebagai pengawas sekaligus anggota yang diawasi.

Pemimpin harus berwibawa,tidak lemah, tidak meminta dikasihani oleh bawahannya.Pemimpin yang sebenar-benarnya pemimpin tidak akan pernah curhat kepada bawahannya mengenai masalah pribadi-pribadinya yang minta dikasihani, seperti masalah gaji , masalah keluarga, maupun masalah lainnya.

Pemimpin melakukan tindakan yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain. Karena itulah ia disebut sebagai pemimpin.Bersikap tegar dan berani,walau badai menghadang,tidak peduli apakah ia harus mengorbankan dirinya sendiri itulah yang dinamakan pemimpin. Pemimpin itu dilindungi tapi seorang pemimpin harus mampu memberikan perlindungi yang lebih kepada pengikutnya.

Istilah BOS dan Pemimpin dua istilah yang sama-sama menunjukkan posisi seseorang dalam sebuah struktur organisasi.Tetapi keduanya memiliki definisi yang sangat jauh berbeda. Seseorang yang dikatakan sebagai bos mereka yang hanya bisa berkomentar tanpa bisa berbuat,mereka yan menganggap dirinya yang terhebat diorganisasi itu “I’m Bos”, mereka yang lebih sering menjelek-jelekkan karya orang lain dibandingkan karyanya sendiri, dan parahnya lagi mereka yang tidak mau memperhatikan kesejahteraan bawahannya, bertindak emosi dan segala sesuatu diputuskan oleh kehendak sendiri.

Pemimpin akan membawa sebuah organisasi menuju kesuksesan, sebaliknya Bos akan membawa sebuah organisasi menuju keterpurukan. Pemimpin akan membawa pasukan pada sebuah kemenangan, sebaliknya Bos akan membawa sebuah pasukan menuju kekalahan.

Seorang pemimpin yang hebat akan memiliki banyak pengikut.Maka tidak heran ada sekelompok orang yang setia mengabdi kepada pemimpin mereka,tak jarang mereka yang berkorban nyawa, harta maupun keluarga mereka demi menyelamatkan dan melindungi seorang pemimpin. Ini semua dikarena rasa sayang dan cinta mereka kepada pemimpin. Terpengaruh secara emosional terhadap kewibawaan,keadilan, ketegasan , kerja keras dan banyak lagi hal-hal yang terpancar dari jiwa dan raga pemimpin mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s