INOVASI TELEMATIKA MASA DEPAN

INOVASI TELEMATIKA MASA DEPAN
by Rozaliyana

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan telematika saat sangat pesat seiring dengan dibangunnya infrastruktur jaringan yang tersebar merata disemua tempat. Peningkatan efisiensi jaringan, pengembangan jaringan LTE dan koneksi internet yang semakin baik. Sekarang kita akan berbicara mengenai inovasi-inovasi apa saja untuk perkembangan TELEMATIKA dimasa depan.

Automatic

1Automatic adalah sebuah sistem yang memonitor kebiasaan pengemudi melalui aplikasi smartphone dan sebuah dongle yang dihubungkan port mobil data dan menghubungkan ponsel pengemudi dengan komputer mobil. Aplikasi belajar tentang gaya mengemudi individu pengendara dan memberikan peringatan dan nasihat tentang bagaimana untuk menghemat bensin, memberitahukan Layanan Darurat lokasi mobil dalam tabrakan dan fitur yang ingat di mana mobil telah diparkir. Tonton videonya disini

DASH

2Aplikasi mirip seperti aplikasi Automatic diluncurkan di USA dalam versi beta. Smartphone pengemudi dihubungkan pada perangkat ini dimana aplikasi ini akan mendiagnosa dan meningkatkan kemampuan pengemudi. Aplikasi ini juga bisa dipakai seperti aplikasi Personal Fitness seperti Fitbit dan Nike Fu .

website : https://dash.by/

Voice controlled vehicles

voice controlInovasi ini memungkin kita untuk mengontrol mobil hanya menggunakan suara atau sentuhan dan camera tracking dari gerakan pengguna. Intinya adalah cukup mengeluarkan beberapa instruksi ke mobil atau dengan menggunakan beberapa gerakan tangan atau dengan menggunakan beberapa kata.

Wow Like a Magics!!

Automated 999calls

3Inovasi yang satu ini berkaitan dengan kecelakaan. Kamu pasti tau 999 adalah nomor emergency apabila terjadi kecelakaan. Nah, latar belakang dalam pegembangan aplikasi ini adalah memungkin jika kendaraan mengalami kecelakan maka sistem ini akan otomatis melakukan panggilan ke nomor 999.

VW Car-Net ™

4Inovasi yang satu ini adalah sebuah sistem yang menawarkan sejumlah kemudahan dan fitur diagnostik untuk membantu pengemudi mengemudi lebih aman dan nyaman. Sistem ini dapat diakses melalui inbuild console melalui via website atau aplikasi smartphone. Sistem ini juga memiliki fitur pemberitahuan otomatis jika terjadinya kecelakaan, informasi keberadaan kendaraan yang dicuri atau lokasi parkir, alarm batas kecepatan dan kondisi ban mobil.

Exact spesifikasi appointmenst and deliveries

5

Bayangkan sebuah situasi di mana Anda memesan pedagang saat Anda di kantor. Anda kemudian menerima pesan langsung ke ponsel Anda memberitahu Anda tepat ketika pedagang yang akan tiba di rumah Anda. Daripada harus menunggu dalam selama setengah hari di rumah atau berlibur, Anda hanya akan perlu untuk melakukan perjalanan pulang jika benar-benar diperlukan, memungkinkan Anda untuk memaksimalkan waktu bekerja atau bersantai.

Perangkat ini juga dapat memberitahu Anda persis berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi Anda untuk melakukan perjalanan pulang untuk menyambut pedagang dan memberikan Anda dengan rute terbaik, dengan kemacetan lalu lintas rekening. Memperluas gagasan lanjut, pengiriman bisa dikirim ke lokasi yang tepat Anda, menunjuk sesuai dengan sinyal GPS dari smartphone Anda, apakah itu rumah, kantor atau bahkan kedai kopi lokal.

Source :

[1]Gray, Irvin. 2014. Top 10 Most Innovative Telematics trends. “https://blog.business.tomtom.com/telematics-trends/”. Akses 3 Januari 2015.

[2]Nuttall, Steve. 2013. Automotive Industry Update : Innovations in Telematics.”http://www.acaresearch.com.au/australian-market-research-blog/bid/325740/Automotive-Industry-Update-Innovations-in-Telematics”. Akses 3 januari 2015.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s