[SOFTSKILL] Bahasa Indonesia 2

Catatan Kaki dan Kutipan

Catatan Kaki (FootNote)

Definisi catatan kaki

footnote_editSecara garis  besar catatan kaki adalah daftar keterangan mengenai referensi  atau  sumber bacaan lain yang disarankan penulis kepada pembaca agar tulisan yang dimaksud lebih dimengerti.Tujuannya adalah memperkuat  argument/fakta/opini tulisan penulis itu sendiri.Adanya catatan adalah sebagai bentuk penghargaan penulis terhadap karya orang lain.Catatan kaki biasanya diletakan dibagian paling bawah atau dibagian belakang dari sebuah buku.

Catatan kaki dapat berupa komentar, sumber bacaan buku lain maupun keterangan yang berasal dari jurnal ilmiah maupun  yang berasal dari surat kabar.

Aturan penulisan catatan kaki 

  1. Antara baris terakhir teks dalam sebuah halaman dengan nomor catatan kaki diberi garis pembatas (separator) sepanjang 20 (dua puluh) karakter atau 5 (lima) cm menurut default Microsoft Word.
  2. Catatan kaki ditempatkan berdasarkan urutan numerik dengan diberi nomor sesuai dengan nomor pernyataan terkait dalam teks. Urutan penomoran bermula pada setiap awal bab (bukan kelanjutan nomor catatan kaki terakhir di bab sebelumnya). Nomor catatan kaki diketik dengan posisi font lebih tinggi dari huruf catatan kaki (superscript).
  3. Nama pengarang dalam catatan kaki tetap seperti tercantum dalam karyanya. Tidak ada “pembalikan” nama seperti dalam Daftar Pustaka.
  4. Pada catatan kaki harus disebutkan halaman buku yang dikutip dengan menggunakan singkatan h./hal/hlm, baik untuk satu halaman maupun lebih. Contohnya: h. 55-67; bukan hh. 55-67.
  5. Setelah judul referensi yang dikutip, unsur lain yang harus disebut-kan adalah data penerbitannya yang mencakup tempat penerbitan (biasanya nama kota), nama penerbit, dan tahun penerbitan. Ketiga unsur yang disebut terakhir ini ditempatkan di dalam kurung. Keterangan tempat terbit dengan nama penerbit diantarai oleh tanda titik dua (:), sementara antara nama penerbit dengan tahun pener-bitan diantarai oleh tanda koma (,).

Singkatan dalam Catatan Kaki 

1.Ibid
Ibid atau Ibiddem adalah catatan kaki yang digunakan untuk menyebutkan sumber referensi yang sama persis dengan sumber referensi sebelumnya. Apabila berbeda halaman tinggal menuliskan Ibid,halaman.

2.Op. Cit
Operet Citato atau Op.Cit adalah catatan kaki yang digunakan untuk menunjuk sumber referensi yang sama yang telah disisipi oleh sumber referensi lalin, dan dari halaman yang berbeda.

3.Loc Cit
Locco Citato adalah catatan kaki yang digunakan untuk menunjukkan sumber referensi yang sama yang telah disisipi oleh sumber referensi lain dan dari halaman yang sama.

Aturan penulisan catatan kaki dari berbagai sumber

 Footnote dengan sumber buku.

Nama penulis atau pengarang buku, Judul dari buku sumber yang dikutip(penulisan judul buku dimiringkan),cetakan,kota tempat buku terbit,tahun diterbitkannya  buku sumber,halaman dari kutipan yang diambil.

Footnote dengan sumber internet.

Nama penulis(urutan tetap),judul dari sumber internet tersebu(penulisan judul ada dalam tanda petik dua),website atau alamat URL dari tulisan tersebut( awalnya dituliskan dulu kata “diakses dari…”. Penulisan alamat URL dimiringkan),Nama website tempat tulisan tersebut diambil,waktu pengaksesan dilakukan (tanggal, bulan, tahun juga jam).

Footnote dari sumber berita koran, jurnal,

Nama penulis ,judul (“dalam tanda petik dua”), nama dari koran atau majalah(dimiringkan),Nomor dari edisi majalah, tanggal majalah atau koran diterbitkan, dan halaman dari artikel atau berita yang dikutip.

Analisa Catatan Kaki pada Buku Al-Qur’an dan Science

ebook

[!] Lihat Aturan Penulisan

1

Penulisan Ibid,Op.Cit dan Loc Cit

Ibid

IBID

Op.Cit

Op.cit

Loc cit

loc cit

ATURAN PENULISAN DARI BERBAGAI SUMBER

Buku

book

book2

Koran

news

Jurnal

jurnal

Internet

internet

KUTIPAN

Definisi Kutipan

kutipan iconPengambilan gagasan,ide maupun pendapat seseorang dari sumber tertentu baik itu buku, koran, majalah, ensiklopedia dan sumber internet. Tujuannya adalah memperkuat argumentasi penulis terhadap buku maupun sebuah karangan

Aturan Penulisan Kutipan

  1. Kutipan ditulis dengan menggunakan “dua tanda petik” jika kutipan ini merupakan kutipan pertama atau dikutip dari penulisnya. Jika kutipan itu diambil dari kutipan maka kutipan tersebut ditulis dengan menggunakan ‘satu tanda petik’.
  2. Jika kalimat yang dikutip terdiri atas tiga baris atau kurang, kutipan ditulis dengan menggunakan tanda petik (sesuai dengan ketentuan pertama) dan penulisannya digabung ke dalam paragraf yang ditulis oleh pengutip dan diketik dengan jarak dua spasi.
  3. Jika terdapat dua atau lebih penulis, gunakan tanda penghubung (&) didalam kurung.
  4. Jika terdapat tiga penulis atau lebih,penulisan pertama kali sebutkan semua penulis,kemudian untuk penulisan berikutnya cukup tuilsan nama pertama diikuti dengan et al.
  5. Jika sebuah publikasi tidak memiliki pengaran, gunakan nama organisasi sebagai pengarang.

Teknik Menulis Kutipan

Kutipan Langsung

Kegiatan kutipan langsung merupakan kegiatan copy-paste. Kewajiban atas kegiatan ­copy-paste ini adalah mencatumkan sumber rujukan. Hal ini dilakukan untuk memberi penghargaan kepada penulis aslinya. Kegiatan copy-paste memiliki rasa bangga yang rendah bagi penulis.

Kutipan langsung ini memiliki tiga model.

 Kutipan ringkas kurang dari 40 kata

Kutipan ini ditulis dengan menggunakan tanda kutip. Kutipan langsung ditulis persis aslinyaalias copy-paste teks. Kewajiban yang muncul karena tindakan ini adalah mencantumkan nama belakang penulis, tahun terbit, dan halaman. Untuk menghitung jumlah kata, dapat dituliskan dalam program Microsoft Word kalimat-kalimat yang akan dikutip, lalu sortir kalimat tersebut. Perhatikan baris kiri bawah di samping keterangan halaman, misal terdapat keterangan “words: 13/499”, artinya jumlah kata yang disortir adalah 13, jumlah keseluruhan kata adalah 499. Contoh:

kutipan

kutipan

Kutipan Ringkas 40 Kata atau Lebih

Kutipan ini ditulis dengan menggunakan spasi satu, menjorok ke dalam 1,27 cm (satu kali tab), ditulis rata kanan-kiri.

kutipan40

Kutipan Panjang dengan Sebagian Kalimat Dihilangkan

Kutipan ini ditulis dengan menggunakan tanda elipsis (…). Tanda ini digunakan untuk menghilangkan bagian kalimat yang kurang diperlukan.

kuti

Kutipan Tidak Langsung

Kutipan tidak langsung merupakan tindakan copy-paste ide. Kutipan ini ditulis dengan kalimat yang berbeda dengan kalimat aslinya tanpa mengubah ide. Artinya penulis dapat merangkai kalimat sendiri yang berbeda dengan kalimat yang ditulis penulis aslinya.

source ::

http://www.mediaberita.net/2012/04/*pedoman-dan-contoh-penulisan-catatan.htmlakses 17 maret 2014]
http://www.peribahasaindonesia.com/*penulisan-catatan-kaki-yang-benar/%5Bakses 17 maret 2014]
http://www.referensimakalah.com/2012/01/*cara-penulisan-catatan-kaki-footnote_4754.htm%5Bakses 17 maret 2014]

http://www.slideshare.net/search/*slideshow?searchfrom=header&q=kutipan%5Bakses 18 maret 2014]
http://didin.lecture.ub.ac.id/*keterampilan-m*enulis/teknik-penulisan-kutipan%5Bakses 18 maret 2014]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s