Mekanisme Kerja Jaringan Wireless dan Terminal

freecomputer maintenance

MEKANISME KERJA JARINGAN WIRELESS

Wireless adalah sebuah jaringan yang menghubungkan satu atau lebih komputer tanpa melalui kabel. Sehingga pengguna mempunyai mobilitas dan flexible tidak bergantung pada suatu lokasi. Adanya jaringan wireless ini bertujuan untuk mengurangi kebutuhan terhadap penggunaan kabel yang memungkin biaya yang lebih tinggi terhadap pembangunan sebuah jaringan. Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang radio, gelombang mikro, maupun cahaya infra red.

Pada Bluetooth, biasanya hanya dengan mengaktifkan bluetoothnya pada masing-masing handphone atau komputer lalu di”pair”ingkan agar bisa terhubung dengan baik lalu bisa digunakan untuk bertukar data. Biasanya bluetooth ini hanya menjangkan sekitar 10 meter tanpa penghalang. Pada inframerah, biasanya inframerah hanya digunakan pada handphone zaman dulu. Caranya adalah dengan meletakkan antara dua handphone secara berhadap-hadapan bagian infra merahnya lalu setelah itu maka handphone akan saling bertukar data. Pada wifi, terdapat tiga buah komponen yang dibutuhkan jaringan wireless untuk dapat mengirim dan menerima data yaitu sinyal radio (radio signal), format data (data format) dan struktur jaringan (network structure). Dalam jaringan komputer kita mengenal adanya tujuh lapisan OSI (Open System Interconnection)

Wireless LAN atau WLAN digunakan untuk memperluas area jaringan lokal. WLAN dibangun menggunakan perangkat keras jaringan komputer seperti access point, wireless router dan sebagainya. Pengguna wireless berkomunikasi dengan Access Point menggunakan jaringan adapter wireless yang mirip dengan fungsi adaptor Ethernet (landcard) pada komputer atau laptop.

Wireless internet adalah layanan internet yang dapat diakses tanpa koneksi kabel fisik kekomputer menggunkan internet. Layanan internet wireless umumnya disediakan oleh penyedia layanan internet melalui router wireless atau secara lokal melalui router wireless yang terhubung kekabel atau modem SDL dirumah atau dikantor.

Bagaimana Jaringan Wireless Bekerja?

Access Point

CARA KERJA WIRELESS [Basic ]

Wireless Network beroperasi dengan menggunakan teknologi Radio Frequency (RF). Frekuensi dengan menggunakan spektrum gelombang elektromagnetik yang terkait dengan penyebaran gelombang radio. Ketika arus RF disuplai ke sebuah antena maka saat itu sebuah medan magnetic dibuat yang kemudian mampu menyebar kesemua area ruangan.

Alur

Landasan utama dari sebuah wireless adalah  Access Point. Tugas utama dari Access Pont adalah broadcast  sinyal  wireless sehingga komputer atau perangkat lain dapat mendeteksi sinyal.  Untuk dapat terhubung kesebuah Access Point dan bergabung kedalam jaringan wireless, sebuah komputer harus dilengkapi dengan wireless network adapters yang biasanya sudah dipasang langsung. Jika tidak bisa menggunakan add on adapter yang dicolokan ke slot ekspansi yang kosong, port USB atau PC Card Slot.

CARA KERJA WIRELESS [LANJUTAN]

Binary Code (1s and 0s)

Transmisi informasi secara digital kesemua komputer yang ada menggunakan binary code: 1 dan 0. Kode ini diterjemahkan ke gelombang radio. Kode 1 dan 0 dapat direpresentasikan dengan berbagai bunyi “beeps” . Bunyi beeps ini sangat cepat tidak dapat didengar oleh indra pendengaran manusia.  Dalam Wireless networking kode 1 dan 0 ini dapat disamakan dengan sandi Morse untuk komputer. Dengan adanya penerima gelombang radio dan transmitter maka komputer akan dapat mengirim kode ini (bit) dan mengambil data dari jaringan.

WaveLength dan Frequencies

Transmisi wireless dikirim dengan menggunakan gelombang yang sangat tinggi, yang mengizinkan untuk mengirim data dalam jumlah yang lebih besar per detiknya. Kebanyakan koneksi wireless yang ada menggunakan frekuensi antara 2.4 GHz (2.4 juta cycle/second) – frekuensi ini juga digunakan untuk mobile phone  dan microwaves oven. Namun, frekuensi ini menghasilkan panjang gelombang yang sangat pendek dimana jaringan hanya efektif untuk jarak yang sangat pendek.

Wireless network menggunakan teknik yang disebut “Frequency Hopping” yang menggunakan puluhan frekuensi dan secara terus menerus beralih poisisi diantara mereka. Hal ini membuat jaringan wireless lebih kebal terhadap gangguan  sinyal radio lain.

Internet Access Point

Sebuah Access Point lebih mahal dibandingkan dengan sebuah wireless card untuk 1 komputer, karena sebuah perangkat Access Point terdiri dari radio yang mampu berkomunikasi dengan sekitar 100 computers, sharing akses internet. Access Point digunakan untuk sebuah cakupan jaringan yang lebih besar. Hanya beberapa komputer atau mungkin 1 komputer yang digunakan sebagai jalur akses atau wireless router.

Industry Standards.

Peralatan Wireless dari pabrik yang berbeda dapat bekerja sama mengatasi complex communication karena terdapat standar yang digunakan untuk memproduksi perangkat-perangkat wireless. Secara tekniks standar yang digunakan disebut 802.11. Dengan adanya standar ini maka perangkat wireless dengan mudah dijumpai saat ini.

MEKANISME CARA KERJA TERMINAL

Fungsi Terminal secara umum adalah untuk menampilkan data atau aplikasi berbasis windows dan terhubung dengan sebuah host. Adanya terminal memungkinkan data yang ditampilkan pada layar,sehingga terminal juga disebut sebagai CRT (Cathode Ray Tube) , VDT (Video Display Terminal) .

Terminal dapat dibagi menjadi tiga kelas dilihat dari kemampuan pemrosesan yang dimiliki, yaitu :

1.ntelligent terminal

piranti stand-alone yang terdiri dari memori utama dan CPU. Selain itu, intelligeny terminal juga dapat deprogram oleh pengguna.

2.smart terminal

mempunyai beberapa kemampuan pemrosesan (alat pemrosesan), tetapi tidak sebanyak yang dipunyai oleh intelligent terminal. Smart terminal juga memiliki memori di dalamnya sehingga inputan yang telah dimasukkan dapat dikoreksi kembali dan program jenis ini juga tidak dapat diprogram oleh pengguna, kecuali oleh pabrik pembuatnya.

3.dumb terminal atau non intelligent terminal

terminal yang tidak mempunyai kemampuan pemrosesan sehingga tidak bisa diprogram dan bergantung sepenuhnya pada prosesor komputer. Non intelligent terminal juga berfungsi sebagai alat input (masukkan) dan outpot (keluaran) pada komputer.

Terminal pada sebuah jaringan telematika dapat artinyakan sebagai “smart” (pintar) atau “dumb” tergantung pada kemampuan untuk internal data processing. Sebuah microcomputer dapat dikategorikan sebagai “smart terminal” sedangkan teletypewriter adalah “dumb terminal”.

Mobile Data Terminal (MDT)

Mobile Data Terminal (MDT) ada perangkat komputerisasi yang digunakan pada transportasi umum (taxy) , kendaraan kurir, truk layanan, armada truk komersial, logistic militer, armada penangkapan ikan , gudang inventory control dan kendaraan darurat (mobil polisi) untuk berkomunikasi dengan kantor pusat pengiriman. Mereka juga digunakan untuk menampilkan pemetaan dan informasi yang relavan dengan tugas dan tindakan yang dilakukan seperti CAD, diagram dan informasi keselamatan.

Mobile Data Terminal memiliki layar untuk melihat informasi dan keyboard/Keypad untuk input informasi dan dapat dihubungkan ke berbagai perangkat peripheral. Standard Peripherals termasuk radio dua arah dan taximeter.

Source

URL : Pengertian dan cara kerja wireless . 26 Oktober 20http://pacarita.com/pengertian-wireless-dan-cara-kerja-wireless.html. Akses 09 November 2014.

URL : How Wireless Networks Work. 11 April 2008. http: //www. webopedia.com/DidYouKnow/ Computer_Science/wireless_networks_explained.asp.Akses 09 November 2014.

URL : Brain, Marshall., V.Willson, Tracy., Johnson, Bernadette. How Wi-Fi Works.http://computer.howstuffworks .com/wireless-network3.htm.Akses 09 November 2014

URL : Garrett, Michael. 20 November 2012. How Do Wireless Networks Work?. http://www. Freecomputermaintenance .com/general-pc-users/how-do-wireless-networks-work/. Akses 09 November 2014.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s