Ilmu Budaya Dasar

ILMU BUDAYA DASAR

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar atau IBD didefinisikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari pengetahuan kebudayaan. Namun, dalam Ilmu Budaya Dasar  objek yang lebih ditekankan mengenai manusia dan budayanya.

Dalam konteks pembelajaran dan penjabaran yang lebih luas, Ilmu Budaya Dasar tidak berdiri sendiri tetapi dibantu dan diimbangi dengan ilmu-ilmu lainnya seperti ilmu sosial dasar, antropologi, sosiologi. Hal ini disebabkan selain mempelajari budaya IBD juga mempelajari manusia yang ada didalamnya.Tujuan Mempelajari Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar yang diajarkan diperguruan tinggi memiliki beberapa tujuan. Hal yang terpenting dalam mempelajari ilmu ini adalah menumbuhkan stimulus  mahasiswa  serta mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Tujuan lainnya adalah

  • Memperluas pandangan tentang masalah kemánusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
  • Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kurang luas. kedaerahan dan pengkotakan disiplin ilmu yang ketat.
  • Memberikan pengetahuan yang lebih dalam terhadap manusia dan budaya yang berkembang didalamnya. Sehingga tercipta tolerasi dan pemahaman aturan-aturan yang berlaku didalamnya

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar jika disandingkan dengan Ilmu sosial Dasar memiliki sebuah batasan yang begitu sempit bahkan tipis. Kedua ilmu ini sama-sama mempelajari manusia. Hanya saja IBD lebih ditekankan pada perkembangan dan seluk-beluk serta kaitannya antara budaya dan manusia yang ada didalamnya. Sementara ISD lebih ditekankan pada manusia dan sosialisasinya sebagai makhluk sosial.

Selain itu terdapat istilah “Pengetahuan Budaya”. Walaupun sama-sama mempelajari tentang kebudayaan tetapi dalam ilmu “Pengetahuan Budaya”  ( The Humanities ) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang kcahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dll.Sedangkan IBD menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s