TELEMATICS TECHNOLOGY IN SMART FARMING

TELEMATICS TECHNOLOGY IN SMART FARMING
PERAN TEKNOLOGI TELEMATIKA DALAM PERTANIAN

by : Rozaliyana

The New Era of Technology telematika telah merambah kedalam berbagai bidang kehidupan termasuk didalam bidang pertanian (farming). Smart Farming adalah sebuah pendekatan untuk mengoptimalkan upaya petani dan mesin mereka untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam menabur, budidaya, panen dan pengelolaan tanaman. Smart Farming dan telematika akan membantu petani mencapai hasil panen yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat dan dengan sedikit usaha dan investasi. Tapi teknologi ini juga menghasilkan sejumlah besar data yang perlu diproses, disimpan dan dianalisis secara real time.

Penggunaan telematika, petani dapat meningkatkan hasil panen mereka, mengurangi investasi dan bahkan memanfaatkan peluang pasar baru seperti:

  • Menganalisa prakiraan cuaca untuk menemukan waktu yang tepat untuk menanam dan panen.

  • Menganalisa data mesin untuk pengembangan kedepan

  • Monitoring mesin selama beroperasi (suhu, kecepatan, supply chain)

  • Memungkinkan pendapatan baru seperti penyewaan mesin pertanian

  • Mengoptimalkan logistik dan rantai pasokan dengan membongkar pemanen dan penyesuaian rute.

Dalam pertanian modern hampir semua peralatan maupun mesin telah melibatkan teknologi telematika. Penggunakan auto tractor maupun auto truck menjadi hal paling dasar dalam kegiatan pertanian Mesin ini digunakan untuk memanen dalam jumlah yang sangat besar pada lahan yang sangat luas. Penerapan telematika memungkin bahwa pemilik pertanian dapat mengontrol mesin-mesin pertaniannya dalam jarak jauh yang masih terhubung dengan koneksi internet.

MAKING MONEY WITH TELEMATICS TECHNOLOGY

The New Era technologies menghasilkan inovasi teknologi baru dalam dunia pertanian. Perkembangan teknologi telematika merupakan sarana dan wadah penghasil uang bagi siapa saja yang bisa memanfaatkan kesempatan tersebut.

Darr says. “When you buy autosteer, you begin saving immediately,” he says. “With telematics, unless you put effort into using the data, you aren’t going to get much value from it. There is potential there, but you are going to have to go after it. An aggressive producer can make money with telematics, but not everyone will.”

Kesempatan seperti ini dimanfaatkan sejumlah pengusahaan untuk berinvestasi pada dunia teknologi pertanian. Beberapa perusahaan menawarkan auto robot berupa mesin traktor dan truk yang dapat dikendalikan jarak jauh dan management data.

Berikut ini adalah perusahaan-perusahaan yang menerapkan teknologi telematika dalam bidang pertanian:

Deere’s JDLink

john deer

Dibentuk pada tahun 1837 oleh John Deere, seorang investor, Deere & Company telah tumbuh menjadi salah satu “The world’s most admirer bussiness”.John Deere memelopori telematika di bidang pertanian ketika memperkenalkan JDLink Mesin Messenger pada tahun 2002. Pada tahun 2009, perusahaan diganti Mesin Messenger dengan dua produk: JDLink Pilih dan JDLink Ultimate. Untuk tahun 2011, Deere akan memperbarui Pilih dan Ultimate dengan yang baru, lebih user-friendly antarmuka Web. JDLink juga akan menawarkan diagnosa jarak jauh baru dan kemampuan nirkabel diperluas dengan modul satelit opsional untuk operasi di daerah-daerah dengan cakupan seluler yang minim.

Website : http://www.deere.com/

AGCO’s AgCommand

agro

Dasar AgCommand sistem adalah vehicle-tracking system, yang termasuk built-in GPS, memantau lokasi mesin, Status mesin, jam kerja dan banyak lagi. Informasi ini dikumpulkan dan disimpan on-board dan dikirimkan secara berkala melalui modem seluler GSM ke situs Web aman. Operator dapat melihat informasi ini pada komputer pribadi atau smartphone dan menerima pesan teks dan e-mail alarm ketika mesin beroperasi di luar parameter preset. Sistem ini juga tersedia untuk merek non-AGCO melalui kit universal.Data yang dikumpulkan dapat diatur dalam laporan rinci yang melacak jam mesin, konsumsi bahan bakar, efisiensi operator, informasi lapangan yang spesifik dan kebutuhan pelayanan. Pengguna dapat mengaktifkan sistem untuk akses agen dan pemberitahuan.

Website : http://www.agcotechnologies.com/

Raven’s Slingshot

slingshot

Raven Industries Teknologi Terapan memasuki pasar awal tahun ini. Menawarkan sinyal koreksi RTK selular berbasis ditambah merek-netral, kemampuan komunikasi berkecepatan tinggi yang memungkinkan untuk memberikan layanan internet always-on dan transfer data ke berbagai komputer lapangan, laptop dan perangkat mobile lainnya.Sistem Slingshot mencakup antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang akan memungkinkan perusahaan perangkat lunak, pengembang independen, produsen peralatan presisi ag, OEM dan lain-lain untuk menggunakan Slingshot untuk memberikan solusi kepada pelanggan mereka.

Website: http://ravenslingshot.com/

Trimble’s Connected Farm

trimble

Sistem yang mengintegrasikan kemampuan Farm Works ‘Sync ke nya layar FMX dan baru CFX-750 display.Sistem ini termasuk server berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan men-download,merencanakan dan menyelesaikan pekerjaan, garis panduan, pengambilan contoh tanah, dan peta aplikasi, peta hasil, dan peta variabel-tingkat resep untuk FMX. Sistem sync juga bekerja dengan SC Trimble Juno Trimble Nomad atau 800XC genggam atau komputer berbasis Windows dengan kompatibel Pertanian Bekerja software.Data ditransfer melalui jaringan selular menggunakan modem Sierra Wireless (tersedia untuk CDMA dan jaringan GSM / GPRS). Hal ini juga memungkinkan untuk menggunakan koneksi WiFi untuk transfer data otomatis lebih lokal.

Website : http://www.trimble.com/

Claasofamerica

Classofamerica

Claas TELEMATIKA memungkinkan Anda untuk memonitor semua data kinerja dan posisi mesin Anda dari lokasi manapun, baik dari kantor atau workshop, di mana pun akses internet tersedia.Posisi GPS memungkinkan lokasi yang tepat dari XERION akan ditentukan, di lapangan atau di jalan. Bahkan ketika Anda sedang bepergian, Anda memiliki akses penuh ke semua informasi yang Anda butuhkan melalui koneksi mobile.

Pemantauan, analisis dan perbandingan memberikan dasar yang ideal untuk membuat keputusan bisnis yang baik untuk meningkatkan pemanfaatan kapasitas mesin untuk meningkatkan efisiensi.

Website : http://claasofamerica.com/

source :

[1] Hest, David. 2009. Telematics 2.0. “http://farmindustrynews.com/precision-farming/telematics-20”. Akses 03 Januari 2015.

[2] Goetz, Ralf . 2014. Smarter Farming: How to master the telematics data explosion. “http://expertintegratedsystemsblog.com/2014/08/smarter-farming-how-to-master-the-telematics-data-explosion/”. Akses 3 Januari 2015.

[3] Griekspoor, PJ. 2013 . What Telematics Can Do For You. “http://farmfutures.com/story-telematics-18-95715”. Akses 03 januari 2015.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s