Manusia dan Cinta Kasih

Berbicara mengenai cinta semua pasti merasakan dan mempunyai rasa ini seseorang bebas untuk mencintai karena rasa cinta adalah sesuatu yang hadir dikehidupan. Secara umum semua orang tahu apa itu cinta tapi untuk mendefinisikan secara jelas apa yang dimaksud dengan cinta tidak semua orang bisa. Setiap orang bebas mengemukan arti dari cinta.

Menurut W.J.S Poewadarminta cinta adala rasa sangat suka (kepada) atau rasa sayang kepada, ataupun rsa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Disamping cinta ada suatu istilah yang dinamakan kasih yaitu perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Cinta dan kasih adalah dua hal yang berdampingan karena kasih akan muncul jika adanya cinta.

Didalam cinta terdapat tiga unsur utama yang menjadi pondasi kekukuhan sebuah cinta

  1. Ketetarikan:adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dia.
  2. Keintiman:Kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi tidak ada rahasia diantara keduanya untuk mencapai keharmonisan
  3. Kemesraan:adanya rasa ingin membelai atau dibelai,rasa rindu ketika jauh dan  lama tidak bertemu, dan adanya ucapan-ucapan yang mengungkapan rasa sayang

Namun,ketiga unsur ini tidaklah mutlak untuk menjamin rasa cinta. Karena rasa cinta memiliki kekuatan tersendiri bagi setiap orang.Tiga unsur ini tidak senantiasa selalu stabil tergantung kepribadian dan bagaimana seorang individu menanggapi cinta itu sendiri. Rasa cinta kepada orang tua tentu berbeda rasa cinta kepada seorang kekasih maupun rasa cinta kepada sahabat. Untuk itu rasa cinta memiliki tingkatan tersendiri

Dalam koridor Islam tingkatan cinta itu terdiri atas

Pertama,adalah cinta utama yaitu kecintaan kepada Allah dan Rasulullah yg telah disyariatkan untuk ditinggikan di atas segala cinta.

 Kedua, cinta sewajarnya yg merupakan fitrah cimta manusia kepada makhluk, baik kepada manusia (anak, pasangan hidup, orangtua) maupun kepada popularitas, jabatan dan harta benda.

Ketiga .adalah cinta hina atau cinta nafsu yaitu mamakala ada kecintaan pd dunia dan isinya yg sampai2 berhasil melalaikan, menghalangi atau melebihi dari cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.

Didalam agama islam sendiri definisi cinta itu tersendiri banyak pengertiannya salah satunya adalah Cinta rahmah adalah jenis cinta yang penuh kasih sayang, lembut, siap berkorban, dan siap melindungi. Orang yang memiliki cinta jenis rahmah ini lebih memperhatikan orang yang dicintainya dibanding terhadap diri sendiri. Baginya yang penting adalah kebahagiaan sang kekasih meski untuk itu ia harus menderita. Ia sangat memaklumi kekurangan kekasihnya dan selalu memaafkan kesalahan kekasihnya. Termasuk dalam cinta rahmah adalah cinta antar orang yang bertalian darah, terutama cinta orang tua terhadap anaknya, dan sebaliknya. Dari itu maka dalam al Qur’an , kerabat disebut al arham, dzawi al arham , yakni orang-orang yang memiliki hubungan kasih sayang secara fitri, yang berasal dari garba kasih sayang ibu, disebut rahim (dari kata rahmah). Sejak janin seorang anak sudah diliputi oleh suasana psikologis kasih sayang dalam satu ruang yang disebut rahim. Selanjutnya diantara orang-orang yang memiliki hubungan darah dianjurkan untuk selalu ber silaturrahim, atau silaturrahmi artinya menyambung tali kasih sayang. Suami isteri yang diikat oleh cinta mawaddah dan rahmah sekaligus biasanya saling setia lahir batin-dunia akhirat.

Dan dari sebuah cinta kasih tercipta bentuk rasa kasih sayang, kemesraan, pemujaan, belas kasihan dan cinta kasih erotis dalam diri setiap umat manusia

Kasih sayang adalah sebuah perasaan menyangi, rasa peduli (care) dan rasa untuk melindungi terhadap apa yang disayang. Rasa kasih sayang yang terbesar lahir didalam lingkungan keluarga yang harmonis. Orangtua berusaha untuk memenuhi keingin anak-anaknya karena keduanya peduli dan sayang,mereka melakukan hal yang terbaik untuk kebutuhan putra-putrinya apakah itu pendidikan atau hal sepele lainnya. Seorang ayah memarahi putrinya yang pulang larut malam adalah bentuk kepedulian ia kepada putrinya menunggu larut malam untuk memastikan keadaan putrinya baik-baik saja. Seorang ibu memarahi putranya yang bermain game berlebihan atau terlibat perkelahian adalah bentuk rasa perhatian dan kepeduliannya agar anaknya senantiasa dalam keadaan baik.

Kemesraan adalah turunan dari rasa kasih sayang yang diwujudkan dengan mencurahkan kepada makhluk lainnya kepada manusia yang satu dengan yang lainnya, yang secara spontan dilakukan berasal dari hati dan bukan merupakan sebuah paksaan,memberikan sebuah rasa nyaman ketika berada didekatnya. Kemesraan selalu digambarkan dengan mencium atau memeluk orang tua, kerabat,teman maupun pacar.

Pemujaan diwujudkan dengan menanamkan rasa cinta dan terimakasih kepada sang Pencipta Tuhan semesta alam.Sebuah rasa takut dan rasa syukur kepada Tuhan yang diwujudkan dengan cara beribadah kepada-Nya menjalani semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Belas kasih adalah sikap kepedulian kita, sebuah sikap yang lahir dari rasa kasih sayang antar sesama umat manusia apakah orang tersebut dikenal maupun tidak. Rasa simpati yang menggerak diri untuk saling menolong yang terpaut pada hubungan emosional manusia untuk menolong dan keinginan untuk meringankan beban orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s