ROVER (SPACE EXPLORATION)

MENGENAL ROVER MARS (SPACE EXPLORATION)
Bagaimana NASA Mengendalikan Rover dari Bumi?

by Rozaliyana

Apa sih itu rover??

Mungkin belum banyak yang tau mengenai ROVER. ROVER atau planetary rover adalah kendaraan yang digunakan oleh ilmuan NASA untuk mengeksploarasi planet-planet diluar bumi. Rover didesain untuk bergerak melintasi permukaan bumi atau benda angkasa lain. Sebagian rover dirancang dengan robot otonom yang dikendalikan manusia dari bumi dan beberapa diantaranya  telah dirancang untuk transformasi manusia diluar angakasa.

Saat ini rover berhasil melakukan eksplorasi sangat baik diplanet Mars. Namun, pertanyaan sekarang adalah bagaimana manusia dapat mengendalikan robot ini dari jarak yang sangat jauh yaitu 200.000.000 Kilomenter (125 juta miles) dari bumi.

Dalam eksplorasi mars terdapat beberapa kendala yang menganggu penjelajahan rover dipermukaan. Hal ini disebabkan oleh jauhnya jarak antara mars dan bumi sehingga sinyal-sinyal perintah tidak tertangkap oleh sensor dan perbedaan waktu antara bumi dan mars dimana mars memiliki perbedaan waktu 40 menit lebih lama dibandingkan bumi. Hal ini dilansirkan Sanjeev Gupta di harian online bbc.

“During the Mars night we prepare the sequences the rover has to do,” he explains. “Then we uplink those commands and, when the rover wakes up, it carries out those tasks. But a Mars day is 40 minutes longer than an Earth day so you get progressively out of synch, so the time I arrive at work changes by an hour every day.”

rovermarsDalam eksplorasi ini mereka tidak mendapatkan sinyal secara langsung dari rover ke bumi. Sinyal ini berkomunikasi melalui satelit MRO (Mars Reconnaissance Orbiter) dan Odyssey. Akibat perbedaan waktu ini terjadi delay selama 15 menit dalam menangkap sinyal yang dipancarkan oleh rover.

Dalam misi ini NASA menggunakan Rover Sequencing and Visualization Program (RSVP) yang notabenenya adalah Mars simulator. Rover dilengkapi gambar 3D dari kamera navigasi, driver berkerja melalui Martian Night untuk pemetaan permukaan yang lebih baik, halus, serta rute untuk tujuan berikutnya. Selama perjalanan melintasi permukaan rover akan berhenti sepanjang jalan, untuk mengambil dan mengoperasikan alat dan menjalankan simulasi perjalanan untuk memeriksa logika apakah berjalan ini sudah benar.

Back RSVP , RSVP akan menampilkan Curiosity’s dari posisi rover saat berjalan memeriksa topologi permukaan, obstacle(batu) , dan lain-lain. RSVP kemudian dapat digunakan untuk merencanakan gerak (maju 10 meters, berbelok 30 derajat kekanan, maju 3 meter). Menentukan titik akhir saat curiosity’s telah dipenuhi, bergerak otomatis. Untuk mengamankan navigasi pada Mars, Curiosity menggunakan Hazcams (camera untuk menghindari bahaya) untuk membangun sebuah peta stereoscopic dari lingkungannya, mengidentifikasi objek mana yang terlalu besar atau sulit untuk berjalan diatasnya.

Setelah 10 tahun peluncuran sejak tahun 2014 rover curiosity telah berhasil melintasi perjalanan sejauh 40.25 km dipermukaan.  Setidaknya memiliki 187.000 photos .Berikut beberapa photo yang berhasil diambil oleh rover selama ekspansi diplanet mars.

2 1

3 4

source::

[1] Anthoni, Sebastian. 2012. How does NASA drive Mars rover Curiosity?. “http://www.extremetech.com/extreme/143884-how-nasa-drives-mars-rover-curiosity”. Akses 05 January 2015.

[2] Hollingham, Richarad. 2012. Controlling Curiosity: How do you drive a Mars Rover?. http://www.bbc.com/future/story/20120928-controlling-curiosity”. Akses 05 Januari 2015.

[3] Tate, Karl. How NASA’s Mars Rover Spirit and Opportunity Work (Infographic). http://www.space.com/24394-mars-rovers-spirit-opportunity-explained-infographic.html”. Akses 05 Januari 2015.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s