Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran

Image

sumber gambar : aldosianturi.com

Permintaan

Permintaan dapat didefinisikan sebagai keiinginan konsumen untuk membeli atau meminta barang pada harga dan waktu tertentu.Hukum permintaan berbunyi jika seandainya harga suatu barang mengalami kenaikan maka permintaan atau pembelian barang oleh konsumen mengalami penurunan sebaliknya jika suatu barang mengalami penurunan maka permintaan atau pembelian barang akan mengalami peningkatan.

Permintaan barang yang signifikan terjadi biasanya ketika terdapat tekanan inflasi pada periode tertentu yang mempengaruhi konsumen untuk membeli barang-barang lebih awal dari sebelumnya.Hal ini bertujuan untuk mengurangi biaya pengeluaran yang lebih besar.

Hal-Hal yang mempengaruhi Permintaan:

1.Harga Barang Inti

Jika pada suatu periode harga barang-barang mengalami penurunan permintaan masyarakat akan barang akan lebih besar.Hal ini terjadi karena adanya kecendrungan harga yang akan segera naik pada periode-periode berikutnya.

Khususnya di Indonesia kenaikan harga yang paling sering terjadi mencakup bahan pangan, bahan bakar minyak dan tarif listrik. Daya beli masyarakat yang tergolong rendah menyebabkan permintaan bahan-bahan pangan maupun bahan bakar jauh lebih sedikit yang mengakibatkan masyarakat lebih memilih untuk mencari alternatif bahan pengganti.

2.Harga Barang Pengganti.

Seharusnya barang pengganti merupakan barang alternatif jika barang utama mengalami kenaikan.Namun, pada suatu sisi harga barang pengganti bisa saja lebih mahal dari barang semulanya.Tentu saja konsumen akan beralih ke barang utama yang menjadi prioritas.

3. Jumlah Pendapatan

Jumlah pendapatan sangat mempengaruhi kenaikan permintaan barang. Seseorang dengan pendapatan yang tinggi akan dapat membeli barang lebih banyak dibandingkan dengan seseorang yang memiliki pendapat yang lebih rendah.

4.Kebutuhan Masyarakat

Kebutuhan masyarakat akan lebih meningkat pada suatu periode tertentu.Misalnya pada bulan Ramadhan kebutuhan pangan masyarakat biasanya jauh lebih besar dibandingkan hari-hari biasa.Hal ini disebabkan mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim,hidangan buka puasa disajikan jauh lebih mewah mulai dari lauk-pauk sampai hidangan penutup.Kenaikan terhadap permintaan barang akan terus meningkat hingga hari Lebaran.Pada waktu ini tidak hanya bahan pangan saja yang mengalami peningkatan tetapi juga bahan sadang seperti baju muslim,mukenah maupun perlengkapan rumah.

Penawaran

Penawaran adalah barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen pada harga maupun periode tertentu.Bagi Konsumen tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa yang diperlukan.Sedangkan bagi pihak produsen tujuannya adalah untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan memproduksi barang atau jasa.

Penawaran barang akan semakin banyak ditawarkan jika pada periode tertentu harga-harga menjadi naik sehingga bisa disimpulkan bahwa Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.

Sebagai penyedia barang maupun jasa yang umum kita kenal sebagai penjual.Penjual harus mampu untuk menjual barang-barang dagang kepada konsumen walaupun  barang yang terjual relatif sedikit.Tidak hanya itu penjual juga dituntut untuk melakukan riset terhadap harga pasar dan cermat memperhatikan kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat saat ini sehingga penjual bisa menetapkan harga barang yang tinggi.

Beberapa faktor berikut yang menjadi dasar penawaran :

1.Biaya Produksi dan Teknologi yang digunakan.

Jika produsen memproduksi suatu barang dengan biaya produksi yang tinggi maka barang akan dijual dengan harga yang relatif mahal.Sedangkan jika produksi hanya menggunakan biaya yang rendah barang yang dijualpun biasanya relatif lebih murah.

Dewasa ini,pabrik-pabrik modern telah memanfaatkan kecanggihan teknologi.Penggunaan robot untuk membantu proses produksi memberikan pengaruh yang besar terhadap produksi barang yang dihasilkan.Berkat kecanggihan ini sebuah perusahaan dapat memproduksi barang lebih banyak dengan kualitas yang terjamin dan hanya menggunakan biaya produksi yang lebih sedikit.Sehingga harga jual ditengah masyarakatpun menjadi lebih murah.

2.Pajak

Sebuah perusahaan yang berdiri tidak terlepas dari pajak, baik itu pajak penghasilan,pajak bumi dan bangunan dan lain sebagainya.Semakin besar pajak yang dikenai pada sebuah perusahaan yang memproduksi barang,maka barang yang diproduksi akan cendrung lebih sedikit dengan harga yang relatif lebih mahal.Bukan hanya sebatas pada pajak saja bea cukai untuk pendistribusian barang juga mempengaruhi harga barang yang ditawarkan kepada masyarakat.

3.Prediksi masa depan

Sebuah perusahaan harus mampu untuk memprediksi keadaan pasar dimasa yang akan datang.Jika suatu barang yang menjadi kebutuhan masyarakat meningkat dimasa yang akan datang,perusahaan harus mampu untuk memproduksi barang-barang tersebut lebih banyak sehingga mendatangkan keuntungan tersendiri bagi perusahaan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s